Friday, June 4, 2010

Pulihkan Demam Anak Secara Alami



Flu dan demam adalah penyakit sering dialami si kecil. Ketimbang  mengobatinya dengan berbagai obat yang mengandung zat kimia, lebih baik pulihkan  demam nya dengan cara alami.Klinik khusus anak Mavo Clinic memberikan beberapa tips untuk menyembuhkan demam anak dengan cara yang sederhana.

1. Baju nyaman dan suhu ruang yang sejuk akan membuat anak lebih nyaman. Ketimbang mengompres dahi si kecil dengan es batu, lebih baik buat temperatur kamar tidur anak Anda menjadi lebih sejuk sehingga ia bisa beristirahat dengan tenang.

Pakaikan juga busana yang lembut dan nyaman bagi si kecil, dan jangan menutupnya dengan lapisan selimut yang terlampau tebal. Jika ia berkeringat, lekas ganti bajunya. Keringat yang keluar saat anak sakit mengandung banyak virus. Jangan sampai virus itu kembali menginfeksi si kecil.

2. Jika suhu badan si kecil mulai tinggi, rendamlah ia di bak air hangat. Berendam kurang lebih 10 menit akan membuat suhu tubuhnya mendingin. Tapi ingat, jangan terlalu lama merendam anak Anda. Saat selesai, lekas keringkan tubuhnya dan usapkan minyak kayu putih atau minyak telon yang hangat, terakhir pakaikan busana yang nyaman.
Hal ini mencegah si kecil terserang flu yang lebih berat.

3. Bila ruangan sejuk sulit direalisasikan, jangan menyalakan kipas angin sekencang-kencangnya.  Kompres masih menjadi cara alami yang jitu untuk menurunkan demam anak. Gunakan handuk kecil yang direndam dengan campuran alkohol dan air dingin. Pastikan saat mengompres tidak ada air yang jatuh ke badan atau baju anak. Hal itu akan membuatnya tidak nyaman juga membuat flunya makin parah.

4. Saat demam, biarkan si kecil istirahat sepuasnya. Jauhkan ia dari kegiatan fisik termasuk menonton kartun kesayangannya. Biarkan ia tertidur dengan tenang. Tidur akan membuat tubuhnya pulih lebih cepat, namun tetap temani dia untuk memberikan rasa aman.

5. Jangan lupa untuk mengontrol asupan cairan untuk si kecil. Arahkan ia untuk meminum air yang banyak. Mengonsumsi air yang banyak akan membuat virus dan kuman di tubuhnya keluar lewat air seni. Semakin banyak ia minum air, maka semakin cepat pula kemungkinan sembuhnya.

source :

0 comments:

Post a Comment